Sejarah Penyelenggaraan Pemilihan Umum Pertama di Indonesia 1955


Sejarah Pemilu 1955--Bawaslu Kalsel

JAYATI KEDIRI - Pemilu 1955 adalah penyelenggaraan Pemilihan yang pertama dalam Sejarah bangsa Indonesia, yang saat itu Republik Indonesia masih berusia 10 tahun.

Penyelenggaraan pemilu tahun 1955 banyak kalangan menyebut sebagai pemilu yang paling ideal dan paling demokratis.

Idialitas yang dibangun berdasarkan kebebasan dan pluralitas kontestan pemilu, netralitas birokrasi dan militer setidaknya dalam konsep, tidak terjadi kerusuhan atau bentrok masa, diwakilinya semua partai dalam badan penyelenggara pemilu dan antusiasme pemilih.

Pemilu merupakan syarat minimal bagi adanya demokrasi, apakah ini berarti selama 10 tahun itu Indonesia benar-benar tidak demokratis?

Tidak mudah juga menjawab pertanyaan tersebut. Namun, sebenarnya sekitar tiga bulan setelah kemerdekaan diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, pemerintah waktu itu sudah menyatakan keinginannya untuk bisa menyelenggarakan Pemilu pada awal tahun 1946.

Hal tersebut tercantum dalam Maklumat X, atau Maklumat Wakil Presiden Mohammad Hatta pada tanggal 3 November 1945, yang berisi anjuran tentang pembentukan partai-partai politik.

Maklumat tersebut menyebutkan, Pemilu untuk memilih anggota Dpr dan Mpr akan diselenggarakan bulan Januari 1946. Jika kemudian ternyata Pemilu pertama tersebut baru terselenggara hampir sepuluh tahun setelah kemerdekaan tentu bukan tanpa sebab.

`
Kategori : Pendidikan
Sumber : kpu