Mengenal Olahraga SAMBO, Seni Pertarungan Tangan Kosong dari Soviet yang Mulai Populer di Indonesia


Potret Pertandingan SAMBO -tangkapan layar-Instagram FIAS

JAYATI KEDIRI- Sambo yang memiliki kepanjangan Samo Borona bez Oruzhija atau Samozashchitija bez Oruzhija ini merupakan sebuah Olahraga bela diri yang berasal dari negara tirai besi, Soviet, yang mana dalam Bahasa Indonesia memiliki arti yaitu seni bela diri tanpa senjata.

Bela diri SAMBO ini baru diakui sebagai bagian dari gulat oleh International Amateur Wrestling Federation (Fila) pada tahun 1968, dan baru dipertandingkan secara internasional lima tahun kemudian, yaitu pada tahun 1972 di Tehran, Iran.

(BACA JUGA:Ini Dia Sosok Bacuya yang Menjadi Maskot Piala Dunia Sepak Bola U-20 Tahun 2023)

Barulah setelah itu, pada tahun 1984 SAMBO memisahkan diri dari FILA dan mendirikan federasinya sendiri yang bernama Federation Internationale Amateur de SAMBO (FIAS) DI Madrid, Spanyol. Namun, meskipun demikian SAMBO sampai saat ini masih belum diterima sebagai cabang resmi di Olimpiade.

Olahraga SAMBO ini dibagi dalam 7 kelompok usia dan 12 kategori berat badan, kemudian menggunakan lima teknik bela diri, yaitu gulat, judo, jujitsu, tinju, dan savate. Sementara keunggulannya adalah mengandalkan kontrol dan kuncian kaki lalu menjatuhkan lawan menggunakan serangan cepat. 

(BACA JUGA:Bukan Lagi Lembaga Tertinggi Negara, Berikut Tugas dan Wewenang Majelis Permusyawaratan Rakyat)

`
Kategori : Olahraga