10 Jenis Sayuran yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol


Ilustrasi Sayuran-Shutterbug75-Pixabay

JAYATI KEDIRI - Berikut adalah 10 jenis Sayuran yang dapat membantu menurunkan kadar Kolesterol dalam darah, namun sebelum mengetahui Sayuran apa saja yang bisa menurunkan Kolesterol, perlu diketahui bahwa Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu Kolesterol baik (HDL) dan jahat (LDL).

Kolesterol baik mampu menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke dalam organ hati, kemudian membuangnya keluar dari tubuh.

(BACA JUGA:Hasil Studi: Paparan Polusi Udara dalam Waktu Lama Sebabkan Resiko Serangan Jantung)

Namun sebaliknya, kolesterol jahat dapat menumpuk di dinding pembuluh darah dan meningkatkan sejumlah risiko penyakit, seperti serangan jantung hingga stroke.

Melansir dari laman dinkes.kalbarprov, berikut ini  adalah 10 sayuran yang bisa dikonsumsi untuk memerangi kolesterol jahat:

1. Kentang

Kentang dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang kaya serat larut. Satu kentang berukuran sedang diperkirakan mengandung 5 gram serat larut. Jika Anda ingin merasakan khasiat serat larut dari sayuran yang bisa Menurunkan Kolesterol ini, makanlah bersama dengan kulitnya.

2. Wortel

Wortel adalah sayuran yang dapat  penderita kolesterol tinggi.  Sayuran berwarna jingga ini mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang dinilai bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna dan menurunkan kadarnya dari dalam darah.

3. Lobak

Lobak adalah sayuran yang masih satu keluarga dengan wortel. Setiap setengah cangkir porsinya, sayuran ini mengandung sekitar 3 gram serat. Kandungan serat yang dimiliki lobak tidak hanya dinilai mampu mengurangi kadar kolesterol, tapi juga menurunkan risiko penyakit gula darah dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

`
Kategori : Kesehatan