10 Manfaat Buah Pisang yang Jarang Diketahui, Baik untuk Penderita Hipertensi


[email protected]

JAYATI KEDIRI - Berikut adalah 10 Manfaat buah Pisang bagi Kesehatan yang jarang diketahui. Pisang adalah buah yang dikenal luas di seluruh dunia. 

Di Indonesia buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara mulai dari dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan makanan lain.

Melansir dari laman dinkes.kalbarprov, berikut ini adalah 10 manfaat buah pisang bagi kesehatan yang jarang diketahui:  

1. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar.

2. Membantu Atasi Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. 

3. Memperlancar Metabolisme

Tidak perlu obat. Dengan makan pisang, Anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme. 

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas. 

`
Kategori : Kesehatan