Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Kehilangan Konsentrasi


Insomnia kurang tidur -Tilixia-Pixabay

 

JAYATI KEDIRI - Begadang atau menunda waktu untuk tidur dan permasalahan tidur lainnya, harus segera mendapatkan penanganan, agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit akibat kurang tidur.

 

Tidur merupakan salah cara dimana tubuh beristirahat setelah melakukan aktivitas harian. Meski setiap usia memiliki jam dan kebutuhan waktu tidur yang berbeda, namun tidur dengan waktu yang cukup dan ideal akan memberikan banyak manfaat, seperti kebugaran bagi tubuh saat melakukan aktivitas hingga menghindarkan dari berbagai penyakit.

 (BACA JUGA:5 Efek Buruk Rokok pada Ibu Hamil Terhadap Janin yang Dikandungnya)

Namun sangat disayangkan, banyak diantara kita yang tidak bisa mendapatkan waktu tidur yang ideal akibat pekerjaan yang harus diselesaikan, hingga permasalahan tidur yang serius.

 

Berikut ini adalah berbagai dampak akibat kurang tidur yang harus diketahui, diantaranya adalah;

  1. Kehilangan konsentrasi saat belajar atau beraktivitas
  2. Potensi obesitas
  3. Kehilangan fokus saat berkendara
  4. Kulit akan nampak lebih tua
  5. Memperburuk kesehatan tubuh

Dengan mengetahui berbagai dampak yang muncul akibat kurang tidur, diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat mengenai pentingnya tidur.

 

Tetap terapkan hidup sehat dengan rutin berolahraga dan memenuhi kebutuhan tidur yang ideal agar terhindar dari berbagai penyakit.

 

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan permasalahan tidur yang dialami, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat, sehingga tidak memicu penyakit akibat kurang tidur yang lebih serius.

(BACA JUGA:10 Manfaat Buah Pisang yang Jarang Diketahui, Baik untuk Penderita Hipertensi)

(JK)

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : upk kemkes ri