10 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

5. Fast food

Makanan cepat saji cenderung tinggi lemak dan kolesterol. Ini karena kebanyakan fast food biasanya Makanan olahan serta digoreng dengan minyak banyak, sehingga jumlah kalori dan lemak tak jenuhnya tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa makan secara teratur di restoran cepat saji menyebabkan peningkatan kolesterol dan bahkan dapat menurunkan kolesterol baik di dalam tubuh.

6. Udang

Meskipun termasuk makanan rendah lemak, udang ternyata Tinggi Kolesterol. Satu porsi 4 ons udang memiliki 170 miligram kolesterol atau lebih dari setengah asupan harian yang direkomendasikan.

7. Kuning telur

Meski tinggi nutrisi dan masih boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol, makan telur berlebihan terutama kuning telurnya sebaiknya dihindari.

Kuning telur dianggap sebagai salah satu sumber makanan tinggi kolesterol yang sebaiknya dihindari jika kadar kolesterol Anda sudah melebihi batas standar.

8. Sarden

Mirip dengan udang, sarden adalah sumber makanan laut yang tinggi kolesterol. Satu ons sarden mengandung sebanyak 40 miligram kolesterol. Dalam konsumsi hariannya, Anda mungkin bisa mengonsumsi sarden lebih dari satu kaleng per hari. Jika dikonsumsi berlebihan, tentu makan sarden bisa meningkatkan kolesterol tubuh dengan cepat.

9. Daging merah

Daging merah menjadi salah satu makanan pantangan kolesterol yang perlu ditaati. Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba umumnya tinggi lemak jenuh.

Potongan daging seperti hamburger, iga, daging babi, dan daging panggang bahkan menjadi olahan daging yang paling tinggi lemaknya.

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : dinkes kalbar