4 Tips yang Perlu Diketahui Untuk Turunkan Kadar Kolesterol dalam Darah


Ilustrasi Kolesterol-rawpixel.com-Freepik

JAYATI KEDIRI - Seseorang bisa dikatakan memiliki kolesterol tinggi apabila kadar kolesterol dalam darah melebihi 200 mg/dL. 

 

Salah satu yang menjadi penyebab kolesterol tinggi adalah gaya hidup dan makanan tidak sehat yang dikonsumsi.

(BACA JUGA:Cegah Gangguan Pendengaran, Begini Cara Merawat Kebersihan dan Kesehatan Telinga yang Benar)

Sebenarnya, kolesterol tetap dibutuhkan tubuh dalam jumlah tertentu untuk membangun struktur sel di dalam tubuh. Utamanya, Anda perlu meningkatkan kolesterol baik (HDL) ketimbang kolesterol jahat (LDL).

 

Namun, jika kolesterol terlalu tinggi, kondisi ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung, hipertensi, serangan jantung, ataupun stroke.

 

Beberapa pantangan makanan untuk kolesterol tinggi bisa diikuti sebagai salah satu cara menjaga kadar kolesterol dalam darah. Apabila sudah mengikuti berbagai pantangan di atas tetapi kadar kolesterol tetap tinggi, cobalah berkonsultasi ke dokter.

 

Selain menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh, penderita kolesterol tinggi disarankan juga untuk mengamalkan gaya hidup sehat.

 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol.

 

Aktif bergerak

Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Berolahraga 30 menit sehari atau 150 menit dalam seminggu dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : dinkes kalbar