Selain Kafein, Berikut Kandungan Zat pada Kopi yang Bermanfaat Bagi Kesehatan


Ilustrasi Biji Kopi-Christoph-Pixabay

JAYATI KEDIRI - Salah satu dari sekian banyak manfaat kopi bagi kesehatan mental adalah dapat membantu melawan depresi.

 

Berdasarkan sebuah riset oleh Harvard School of Public Health, manfaat kopi yang dapat membantu melawan depresi ini berasal dari zat antioksidan serta kafein di dalam kopi yang memang memiliki kemampuan dalam merangsang sistem saraf pusat.

(BACA JUGA:Kenali Gejala Penyakit Demam Berdarah yang Biasa Muncul Saat Musim Hujan)

Konsumsi kopi di pagi hari secara rutin terbukti dapat menurunkan tingkat risiko depresi hingga 20 persen lebih rendah daripada orang-orang yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsinya. 

 

Kopi memiliki beragam zat bioaktif  yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Zat bioaktif ini bekerja tidak hanya menenangkan fisik namun juga berperan baik kepada kesehatan otak. 

 

Mengkonsumsi kopi dengan kadar yang tepat, dapat menjaga kesehatan mental serta pikiran Anda.

Zat bioaktif tersebut antara lain:
1. Asam Klorogenat (CGA)

Asam klorogenat merupakan sejenis antioksidan polifenol yang memiliki manfaat terhadap metabolisme gula darah serta membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Karena termasuk antioksidan, zat ini sangat baik untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit pada tubuh.

 

2. Trigonelline

Trigonelline merupakan senyawa alkaloid yang memiliki fungsi sebagai pengolah vitamin B3 yang merupakan asam nikotinat. Trigonelline juga memiliki manfaat yang sangat baik terhadap pencegahan masalah gigi berlubang sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah tersebut. Selain itu, trigonelline juga mampu membantu menghambat perkembangan bakteri.

3. Kafein
Zat kafein adalah zat yang paling lumrah kita ketahui berada di dalam kopi. Zat kafein ini merupakan zat psikoaktif yang memiliki kemampuan sebagai stimulan sistem saraf pusat.

`
Kategori : Kesehatan