Ketahui Cara dan Kapan Tummy Time serta Manfaatnya untuk Perkembangan Motorik Bayi


Ilustrasi tummy time Bayi-Pexels-pixaby

 

JAYATI KEDIRI - Tummy time adalah suatu latihan untuk bayi dengan memposisikan bayi bertumpu pada perutnya atau tengkurap.

 

Zaman sekarang mungkin kakek nenek kita masih ada yang menerapkan cara-cara yang trasional dalam melakukan perawatan bayi. 

(BACA JUGA:6 Jenis Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Saat Haid)

Seperti membawa ke dukun pijat bayi, meminumkan jamu, hingga memberikan makan bubur atau pisang pada bayi usia dibawah 6 bulan. 

 

Anggapan lainnya adalah bayi tidak perlu diberikan stimulasi apapun, bahwa bayi akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

 

Namun anggapan ini sangatlah kurang tepat, dalam sebuah penelitian stimulasi pada bayi salah satunya tummy time mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan motorik bayi.

 

Tummy time adalah suatu latihan untuk bayi dengan memposisikan bayi bertumpu pada perutnya atau tengkurap. 

 

Tummy time memiliki manfaat untuk merangsang kemampuan bayi untuk menjaga keseimbangan tubuh, melakukan koordinasi pada paha, mengontrol gerakan kepala.

 

Selain itu dalam posisi tengkurap, bayi berlatih menggunakan tangannya untuk meraih sesuatu, itu adalah kemampuan yang akan menjadi bekal untuk merangkak.

`
Kategori : Kesehatan