Tak Ingin di Klaim Negara dan Daerah Lain, Pemkot Kediri Daftarkan Kekayaaan Intelektual Komunal untuk Tahu Takwa Serta Tenun Ikat


Foto Bukti Pendaftaran KIK Tenun Ikat dan Tahu Taqwa--kedirikota.go.id

JAYATI KEDIRI - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri berhasil daftarkan dua warisan budaya ke dalam Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal Ekspresi Budaya Tradisional (HAKI KIK).

Kedua warisan budaya tersebut adalah warisan asli daerah Kota Kediri yakni Tenun Ikat dan Tahu Takwa.

(BACA JUGA:Nyesel Baru Tahu! Berikut Kandungan dan Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan)

(BACA JUGA:Dorong Industri Halal Di Jawa Timur LPPOM MUI Jawa Timur Bekerja Sama Dengan Kemenag Jatim Adakan Pelatihan Penyelia Halal)

Tenun Ikat Kediri diakui sebagai jenis Ekspresi Budaya Tradisional “Seni Rupa – Dua Dimensi, Seni Rupa – Tiga Dimensi”.

Sementara tahu takwa diakui sebagai jenis Pengetahuan Tradisional “Kemahiran membuat kerajinan tradisional, makanan/minuman tradisional, moda transportasi tradisional.

Dikutip tim jayatikediri.com dari laman kediri.go.id Walikota Kediri, Mas Abu mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk apresiasi pada pendahulu yang telah mewarisi kekayaan potensial yang ada di Kota Kediri.

(BACA JUGA:Lirik Sholawat Man Ana Arab Lengkap dengan Latin Beserta Artinya)

(BACA JUGA:Info Vaksin Kota Kediri! Pelaksanaan Vaksinasi Dosis 1 dan 2 Astra Zeneca Usia 18 Tahun Keatas RSUD Kilisuci Kediri)

`
Sumber : kedirikota.go.id