Penderita Diabetes Tak Perlu Lagi Khawatir! Ini Daftar Sayuran yang Bisa Kendalikan Gula Darah


ilustrasi penyakit diabetes--freepik.com

JAYATI KEDIRI - Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah, berikut ini beberapa sayuran yang dapat membantu untuk mengendalikan kadar gula darah.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

(BACA JUGA:Membuat Nasi Goreng Istimewa untuk Keluarga Resep Ala Rudy Choirudin)

Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi sehingga terjadi penumpukan glukosa dalam darah.

Dikutip dari laman gue sehat, berikut 4 sayuran yang mudah ditemui di pasaran dan dapat membantu untuk mengendalikan kadar gula darah.

1. Pare

Sayuran ini memiliki rasa yang cukup pahit, dan itulah mengapa sayuran ini tidak disukai banyak orang. Meskipun pahit, penderita diabetes harus makan pare karena sayuran ini bermanfaat membantu menurunkan kadar gula darah, dan tidak mengubahnya menjadi lemak.

`
Kategori : Kesehatan