Marak Terjadi Akhir-akhir Ini, Ternyata Inilah Asal-usul Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Sapi!


Penyemprotan desinvektan pada kandang sapi-Ditjen PKH-Kementan

JAYATI KEDIRI - Berdasarkan sejarah, Indonesia pertama kali diserang wabah penyakit mulut dan kuku pada tahun 1887 di daerah Malang Jawa Timur. Penyakit itu lalu menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia dan sudah dilakukan pengendaliannya.

Namun pada tahun 1983, penyakit mulut dan kuku muncul kembali di daerah Blora, Jawa Tengah. Upaya pengendaliannya dilakukan secara masif yang membutuhkan waktu hingga tiga tahun sampai ternak di Indonesia dinyatakan bebas dari penyakit ini.

(BACA JUGA:Unggah Foto Anies Pakai Koteka, Ruhut Sitompul Dipolisikan)

Penyebab wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia pada 1983 itu hanya disebabkan oleh satu serotipe, yaitu serotipe O. Sedangkan tipe yang mewabah saat ini masih dalam proses identifikasi.

Tanda penyakit ini berupa pembentukan vesikel/lepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka penyakit ini mudah tersebar. 

Virus ini mudah menyebar melalui udara dan penyebarannya sangat cepat sehingga begitu menyerang seekor hewan dengan cepat virus menyebar ke hewan lainnya.

(BACA JUGA:Tunggal Putra Vito Berhasil Curi Poin, Indonesia Melaju ke Babak Final Thomas Cup 2022)

`
Kategori : Nasional Kesehatan