Mengenal Infertilitas: Gangguan Sulit Hamil Bagi Perempuan, Ini Penyebab dan Cara Menanganinya!


Ilustrasi hamil-stockSnap-Pixabay.com

JAYATI KEDIRI – Istilah infertilitas atau sulit hamil sering disematkan pada pasangan yang mengalami kesulitan dalam mempunyai anak. Infertilitas menjadi masalah bagi sebagian pasangan yang segera ingin memiliki buah hati.

Di Indonesia, ada sekitar 20% kasus infertilitas atau sulit hamil. Dari angka tersebut, pakar ahli membaginya lagi ke dalam 3 faktor penyebab, 40% dari faktor suami, 40 % dari faktor istri, dan 20% dari faktor keduanya.

(BACA JUGA:Membanggakan! Atlit Wushu Alisya Mellynar Sumbang Gold Medali Ke-11 untuk Indonesia di Ajang SEA Games 2021)

Gangguan infertilitas umumnya banyak ditemui di kota-kota besar yang notabene merupakan tempat bagi banyak orang untuk bekerja dan mengutamakan kariernya. Infertilitas jenis ini termasuk ke dalam infertilitas non medis.

Seperti dilansir dari kanal YouTube Gue Sehat, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG., M.Kes, salah seorang spesialis kebidanan dan kandungan di Brawijaya Hospital Saharjo mengatakan ada dua penyebab utama seseorang mengalami infertilitas.

Pertama adalah penyebab secara medis. Infertilitas secara medis biasanya disebabkan oleh pasangan pria yang kualitas spermanya kurang bagus. Para ahli menyebut penyebab ini sebagai male factor.

(BACA JUGA:Beberkan Kondisi Menyedihkan Sejumlah TKI di Arab Saudi, La Nyalla Mattalitti Mengaku Prihatin)

`
Kategori : Kesehatan Hiburan